Kue Kering Tanpa Oven, Bisa?


Akhir pekan segera datang nih, tentunya waktu senggang ini bisa dimanfaatkan untuk berkreasi, bukan begitu? Misalnya saja membuat kue kering. Waktu bersantai bersama keluarga, paling pas jika ditemani dengan kudapan ringan seperti kue kering. Membuat kue kering tidaklah melulu menggunakan oven lho bun, Anda pun bisa membuatnya tanpa harus menggunakan oven. Yuk, simak terlebih dahulu ulasan informasi seputar resep kue kering tanpa oven.

Ragam Bahannya Sama gak dengan Membuat Kue Kering yang Menggunakan Oven?

Sebenarnya, bahan yang digunakan dalam membuat kue kering tanpa oven tidaklah berbeda dengan kue lainnya seperti tepung, margarin, bahan pengembang, dan bahan lainnya. Namun, kue kering tanpa oven hanya bisa mengembang sempurna, jika komposisi yang ditaburkan itu ditakar sesuai takaran yang tepat serta bahan yang baik. Untuk menambah aroma dan cita rasa gurih, Anda bisa mengandalkan margarin yang mampu menyajikan sensasi rasa dan aroma khas dari kue kering. Untuk memperkaya rasa, Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan bahan seperti buah kering, kacang-kacangan, dan chocolate chip. Dengan begitu, cita rasa kue buatan Anda pasti akan menjadi bulan-bulanan bagi anggota keluarga Anda.

Apa saja Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Kue Kering Tanpa Oven?

Pada umumnya, alat yang diperlukan guna membuat kue tanpa oven hampir saja dengan kue yang dimasak dengan oven. Anda bisa menjadikan panci sebagai alat pembuat kue kering Anda. Caranya ialah dengan memanaskan panci dengan api kecil dengan begitu, tidak akan membuat kue Anda mudah gosong. Gunakanlah saringan panci untuk meletakkan kue kering, dan Anda tak perlu memberikan air di bagian bawah saringan panci tersebut ya. Untuk memudahkan Anda mengangkat kue kering, oleskanlah margarin pada seluruh permukaan panci, sehingga kue kering tidak akan hancur ketika disajikan.

Agar kue kering Anda mampu mengembang sempurna, tutuplah panci dengan rapat. Hendaknya Anda tidak terlalu sering untuk membuka tutup panci demi menjaga kestabilan temperatur suhu dari panci Anda. Dengan begitu, kue kering tanpa oven pun akan matang sempurna dimana tidak ada bagian kue yang matang lebih dahulu atau masih mentah sebagiannya kala kue disajikan.

Kesalahan Apa saja yang biasa terjadi saat Membuat Kue Kering Tanpa Oven?

Demi menghadirkan cita rasa dan tekstur kue kering yang diimpikan, tentunya Anda harus mengerjakannya dengan baik dan teliti. Terkadang, ketidak pahaman seseorang terhadap cara membuat kue itulah yang menjadikan kue kering tidak selezat seperti yang diimpikan. Demi menghindari hal itu yuk simak beberapa kesalahan yang biasa ditemui dalam pembuatan kue kering tanpa oven:
- Penggunaan gula pasir dalam jumlah banyak
- Putih telur yang kurang
- Adonan kue yang terlalu lama diaduk
- Salah pilih pengembang kue
- Menggunakan telur yang telah berhari-hari di dalam kulkas
- Tidak memberi margarin pada permukaan kue
- Kue kering tidak diuapkan dahulu setelah diangkat

Kue Kering Jenis apa saja yang bisa Dibuat tanpa Oven?

Variatif sih, bahkan hampir semua jenis kue kering bisa dibuat tanpa oven, seperti nastar, putri salju, kue semprit, dan kastengel tidak selalu memerlukan oven untuk membuatnya. Caranya ialah menyusun adonan kue kering pada panci yang digunakan, dengan memberi jarak yang cukup antar adonan agar kue kering dapat mengembang dengan baik.

Dengan berbagai penjelasan di atas, Anda tidak perlu lagi berkecil hati bila belum memiliki oven saat ingin membuat kue kering. Mulailah dengan mencari referensi resep kue kering dari sekarang, bun. Dengan begitu, Anda dapat berinovasi membuat aneka kue kering yang disukai setiap anggota keluarga. Selamat berkreasi!
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar