Begini Loh Freelancer yang Baik Itu!

Bekerja telah menjadi suatu hal lumrah bagi semua orang yang ada di dunia ini. Kita semua tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang gratis, melainkan oksigen. Saat ini, terdapat berbagai macam jenis pekerjaan yang dapat dilakukan. Bahkan, pekerjaan pun terbagi berdasar waktu pengerjaannya, seperti full time, part time atau freelance. Mengenai freelance, bisa kamu baca di sini ya https://fastwork.id/start-selling

Berada di dunia yang sedang mengalami perkembangan pesat dalam teknologi, menuntut segala lini produksi dalam bisnis untuk bergerak cepat agar tidak ketinggalan dengan para pesaingnya. Saat ini, pasar di internet justru sedang melonjak perkembangannya, sehingga dapat berubah menjadi lahan bisnis bagi siapapun. 

Menjadi freelancer atau pekerja lepas sebenarnya bisa menjadi salah satu peluang besar guna meraih kesuksesan di dunia internet. Akan tetapi, persaingan di dunia freelance tak kalah beratnya dengan profesi yang ada di perkantoran. Demi meraih kesuksesan berkarier sebagai freelancer, Anda harus kuat bertahan saat bersaing dengan jutaan orang di luar sana yang punya skill luar biasa. 

Percayakah Anda, bahwa freelance mampu menghasilkan keuntungan yang banyak bagi para pelakunya?. Yuk, simak beberapa hal penting untuk menjadi Freelancer yang Sukses

1. Menentukan Tujuan Anda Menjadi Freelancer 

Bekerja namun tanpa didasari oleh tujuan yang jelas dan terukur, sedikit banyaknya akan menghambat Anda untuk memulai dan menjalankan usaha Anda sebagai freelancer guna memperoleh uang jajan tambahan. Anda tidak mungkin apabila menjadi freelancer yang sifatnya gado-gado, dimana Anda mengaku kompeten dalam banyak hal, padahal pada sisi lain, banyak kekurangan yang ada dalam diri Anda sendiri. Demi mendapat kepercayaan dari client, hendaknya Anda meluangkan waktu untuk memikirkan dan memahami mengapa Anda memulai bisnis sebagai freelancer.

2. Memilih Profesi / Bidang yang Kamu Kompeten didalamnya

Banyak sekali profesi atau bidang yang dapat Anda tekuni sebagai freelancer online. Anda bisa menjadi penulis lepas, programmer, fashion designer, fotografer, desainer, dan lain sebagainya. Pastikan apapun keputusan Anda, adalah keputusan yang benar-benar Anda inginkan yang Anda dapat berkomitmen dalam menjalankannya.

3. Manajemen Waktu yang Bijak 

Jika Anda telah memutuskan diri untuk bekerja, maka pada waktu itu pula, hendaknya Anda pastikan bahwa Anda bisa mengatur dan memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Hal ini juga berlaku saat Anda menjatuhkan diri ke dunia freelance, dimana Anda juga dituntut melakukannya dengan sungguh-sungguh. Anda tentunya tidak boleh bekerja secara serampangan, justru Anda akan dinilai oleh klien Anda. Tentu para klien akan datang satu per satu kepada Anda untuk menawarkan suatu pekerjaan jika setiap tugas Anda kerjakan dengan baik dan penuh tanggung jawab, sekalipun freelance adalah pekerjaan sampingan, Anda tetap harus menjadikannya sebagai prioritas guna menjaga kepercayaan klien yang Anda punya. 

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien 

Freelance dan klien merupakan dua komponen yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia internet, dimana satu dengan lainnya saling membutuhkan untuk mendapat kepuasaan. Jika Anda saat ini berniat atau telah menjadi freelance, maka cara terbaik untuk bisa bekerja secara nyaman dan tenang yakni dengan menjalin hubungan yang baik dengan klien. Baik tidaknya hubungan akan mempengaruhi kelancaran dalam menjalankan sebuah tugas. Yuk, ciptakan hubungan yang harmonis dan komunikatif dengan klien, dan pastikan jika Anda menunjukan attitude yang baik, dan ucapan yang baik pula. 

5. Membuat Perjanjian sebelum Mengerjakan Tugas

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya salah paham antar kedua belah pihak. Perjanjian itu bisa berupa jenis pekerjaan, seperti batas waktu dan biaya pengerjaan, atau lain sebagainya yang berhubungan dengan perjanjian. Apabila telah membuat perjanjian, pastikan jika Anda menyelesaikan tugas tersebut agar klien tidak merasa kecewa atas kinerja Anda. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar