Senam Hamil Ini Bisa Dilakukan Di Rumah


Kehamilan yang dialami oleh seorang ibu biasanya dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah, dan tak jarang membuat ibu ingin terus bersantai saja, baik sambil duduk maupun berbaring. Hal ini didasari oleh sembilan bulan mengandung merupakan sebuah proses panjang yang melelahkan bagi sang bunda. Ternyata, kebiasaan malas ini, yakni berupa tidak bergeraknya tubuh secara aktif di masa hamil mampu membuat tubuh menjadi tidak bugar. Bahkan, dapat mempersulit proses persalinan lho bun. Dengan begitu, diperlukan porsi olahraga yang cukup serta teratur demi meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan. Salah satu olahraga yang disarankan bagi bunda yang sedang hamil ialah senam hamil.

Senam hamil dikenal sangat berguna untuk melenturkan otot-otot yang akan bekerja keras selama proses persalinan. Melakukam senam ini secara tertib juga sangat bermanfaat demi menjaga stamina ibu hamil yang akan menghadapi masa persalinan. Dengan senam hamil yang rutin, masa persalinan pun akan bisa dilalui tanpa kesukaran yang berarti lho bun, yuk mulai senam hamil hari ini juga!

Selain Senam Hamil, ada Olahraga lainnya gak yang Cocok untuk Ibu Hamil?

Ada kok, yakni olahraga dengan gerakan aerobik. Namun, gerakan aerobik jika dipraktikkan oleh ibu hamil dikhawatirkan akan mengganggu bahkan membahayakan janin lo bun. Selain itu, ia juga beresiko melemahkan otot panggul. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan dalam gerakan aerobik itu ibu akan melompat, menendang, atau melakukan gerakan lainnya yang dinilai “ekstrem” bagi ibu hamil. Dengan begitu, disarankan untuk melakukan senam hamil, karena dianggap paling aman untuk mempermudah masa persalinan ibu hamil.

Gerakan apa saja yang terdapat dalam Senam Hamil hingga ia disebut yang paling aman untuk janin?

Senam hamil terdapat beberapa gerakan mudah dan ringan yang dapat ibu aplikasikan dalam keseharian Anda, bahkan saat berada di rumah, diantaranya ialah:

Berjalan Kaki

Bagi ibu hamil tua, dan telah memasuki fase melahirkan, sangat dianjurkan untuk memperbanyak jalan kaki. Olahraga ini sangatlah mudah dilaksanakan, dan bisa dilakukan kapan saja. Gerakan berjalan kaki akan membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks dan kuat. Cukup dengan berkeliling area rumah atau komplek di waktu saat pagi hari (dianjurkan tidak menggunakan alas kaki). Lakukanlah kegiatan ini setiap pagi hari selama masa kehamilan dan menjelang kelahiran ya.

Duduk Bersila

Gerakan ini merupakan gerakan dasar dari senam hamil. Dengan cara ini, ibu hamil akan merasa lebih rileks. Saat melakukan gerakan ini, posisikanlah punggung Anda tegak, lalu letakkan tangan diatas paha. Sambil Anda melakukan gerakan ini, setting-lah pikiran Anda setenang mungkin dengan bernafas secara pelan-pelan dan teratur. Kegiatan ini akan membantu Anda untuk mengatur ritme pernafasan di kala persalinan.

Berjongkok

Berjongkok dikenal gerakan yang cukup berat dilakukan, namun jangan khawatir, karena Anda dapat menggunakan bantuan bola senam. Tahapannya ialah ambillah posisi berdiri dengan membelakangi tembok. Lalu apitlah bola tersebut dengan punggung dan tembok. Buka kaki sedikit demi sedikit. Selanjutnya turunkan badan dengan pelan, dengan kaki membentuk sudut 90 derajat. Kemudian atur kembali ke posisi awal. Hendaknya mengulanginya hingga 10 kali ya.

Gerakan Merangkak

Gerakan ini dapat membantu ibu hamil mempersiapkan kelahiran. Caranya, ambillah posisi merangkak, lalu kempiskan perut dan dubur anda, sebagaimana Anda sedang memposisikan diri Anda sedang mengejan. Ulangi gerakan ini dalam satu kali senam sebanyak 8 kali ya. Namun, Anda tidak perlu memaksakan diri, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot otot bagian bawah tubuh lho bun.

Sebelum melanjutkan ke gerakan lainnya, yuk Bunda mulai biasakan sejak hari ini untuk mempraktikkan gerakan ini secara rutin dan teratur demi memudahkan persalinan Bunda nantinya ya.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar