Pertanda LCD Komputer Kamu Rusak!

LCD atau layar komputer merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis. Pada umumnya, layar LCD berbentuk seperti televisi, hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi. LCD yang termasuk menjadi bagian sistem output dari Laptop haruslah memiliki kondisi yang terbaik untuk membuat laptop bisa digunakan dengan maksimal.

Oleh karena LCD termasuk aksesoris komputer yang vital, maka menjaga layar atau LCD supaya bisa tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari kerusakan, menjadikan salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Ketika LCD rusak, maka sudah pasti komputer akan menjadi tidak berguna sama sekali, karena memang tidak bisa digunakan. Dengan begitu, sebelum kerusakan itu menjadi lebih parah dan membuat komputer malah justru tidak bisa digunakan, maka mengetahui tentang ciri-ciri LCD komputer rusak secara dini merupakan hal penting bagi kita semua. Mengetahui kerusakan LCD komputer dengan cepat akan membuat Anda dapat secara langsung mengambil tindakan pertama pada komputer Anda.

Berikut Pertanda bahwa LCD Komputer Anda akan Rusak

LCD Komputer yang Pecah

Untuk kerusakan ini, tentu saja sudah bisa dilihat secara kasat mata. LCD komputer yang pecah biasanya akan menampilkan tampilan LCD yang bergaris, ataupun ada noda menghitam pada layer, seperti tinta hitam yang tersebar pada LCD atau bahkan menutupi sebagian dari LCD komputer Anda. Pecahnya LCD bisa disebabkan karena terjatuh, bisa juga karena mendapat tekanan dari beban yang terlalu berat ataupun juga karena terkena benturan benda keras.

Ketika LCD komputer Anda mulai pecah, hendaklah berhati-hati dalam penggunaannya. Walau hanya terdapat satu bagian saja yang pecah, hal itu bisa saja menyebar ke bagian LCD yang lainnya. Dengan begitu, tentu akan semakin membuat LCD tidak bisa dilihat dan bahkan menghitam secara penuh lho. Untuk kerusakan macam ini, dapat dikatakan sebagai kerusakan yang sangat parah, dan kemungkinan besar tidak ada lagi pertolongan pertamanya kecuali dengan menggantinya.

LCD Komputer yang Bergaris

Kerusakan yang satu ini menjadi salah satu kerusakan yang kerapkali terjadi pada LCD komputer. Saat dinyalakan, LCD pada komputer akan menampilkan garis baik secara vertikal maupun horizontal. Garis ini dapat menjadi permanen bahkan dapat menyerang bagian layer lainnya yang masih bagus. Hal ini terjadi apabila LCD dibiarkan begitu saja dengan intensitas penggunaan komputer yang tinggi.

LCD Komputer Blank

Ciri lainnya dari rusaknya LCD komputer ialah kerusakan dimana LCD tidak mampu lagi menampilkan segala aktifitas ataupun tampilan. Layar hanya akan menampilkan tampilan satu warna seperti hitam gelap, putih ataupun warna lainnya. Kerusakan ini biasa disebut dengan layar LCD blank. 

Demi menguji apakah komputer terkena kerusakan ini, maka dapat diuji melalui perangkat tambahan yakni LCD eksternal seperti proyektor. Apabila pada proyektor tersebut keluar tampilan yang sesuai dengan tema awal komputer Anda, berarti tentu saja LCD komputer berada di kerusakan berupa blank. Mengatasi hal ini, maka Anda bisa membongkar LCD tersebut, kemudian melepaskan kabel yang ada kemudian dipasang kembali. Di kala melakukannya, harus dilakukan secara hati-hati, dan jangan malah menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Jika Anda merasa kurang yakin untuk melakukannya, cukup Anda datang ke tempat service untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar