Cara Merawat Sepeda Motormu Tetap Sehat

Seiring dengan majunya zaman dan teknologi saat ini membuat kendaraan bermotor memenuhi jalan di perkotaan hingga pedesaan di Indonesia, dengan begitu menyebabkan kemacetan hampir di semua kota. Tingginya minat masyarakat terhadap motor dipengaruhi oleh kebutuhan mereka terhadap transportasi yang praktis, dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan mobil. 

Dengan kemajuan teknologi mesin motor yang semakin pesat, saat ini sepeda motor seperti motor Yamaha seperti NMax dijadikan sebagai sarana untuk perjalanan lintas propinsi. Misalkan saja orang perantauan di Surabaya pulang kampung sebagian besar mengunakan sepeda motor menuju daerahnya masing-masing. Meski begitu, tidak jarang ditemui bahwa terkadang seseorang  lalai memperhatikan motornya karena kesibukan sehari-harinya. Bagi Anda yang memiliki sepeda motor maka yuk luangkan sedikit waktu Anda untuk merawatnya, dengan cara berikut ini:

Jika membeli sepeda motor baru

Hendaklah Anda menghindari untuk membawa beban berat hingga 500 KM sejak penggunaan awal motor Anda. Hal ini sangatlah vital, karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan mesin. Sebagai aksi antisipasi, maka hendaknya menjalankan sepeda motor dengan laju stabil ya.

Manfaatkanlah servis gratis dealer tempat dimana Anda membeli sepeda motor tersebut. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti olie pada 1 kali jalan, dan selanjutnya gratis servis sebanyak 2 kali. 

Perawatan berkala (tune up)

Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores. Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin, dan dibersihkan saat tune up.

Mengenai waktu ideal untuk tune up, lakukanlah maksimal setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Kalau Anda merasa ternyata sepeda motor Anda ketika dikendarai tidak terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune up ke bengkel resmi ya untuk hasil yang optimal.

Penggantian Olie

Standard kekentalan olie yang dipakai kendaraan adalah SAE dan olie yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Dengan begitu, Anda tidak perlu risau jika ternyata Anda mendapatkan standard olie yang salah untuk motor Anda. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah penggantian olie yang tepat. Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus olie yang Anda beli. 

Mengganti olie melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi motor. Olie yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi. Maka gantilah oli motor Anda setiap kilometer menunjukkan 2000 KM perjalanan atau pada saat Anda melakuan perawatan berkala.

Pemakaian motor

Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada bagian rantai mesin, katup bahan bakar, kopling, piston maupun stang piston. Hal ini biasa terjadi pada motor dengan mesin 4 langkah atau lebih, namun tidak menutup kemungkinan bagi motor matic juga.

Tips : Biasakanlah tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama mati, maka olie akan mengumpul kembali ke bak olie. Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri bagian mesin yang perlu dilumasi. 

Catatan: Memanaskan mesin jangan terlalu lama, cukup 5 menit saja ya. 

Kebersihan

Biar rangka motor lebih awet, maka rajin-rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos. terlebih jika habis dipakai berhujan.

Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga sepeda motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima. Dan yang terpenting, harga jual kembali motor Anda akan tetap tinggi jika ingin mengganti dengan motor yang baru.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar