Ban Mobil Cepat Rusak Jika Anda Lakukan Hal ini!

Saat Anda memutuskan untuk memiliki mobil, maka pada saat itu Anda sudah harus memikirkan bagaimana Anda merawatnya dengan baik dalam banyak hal, termasuk perihal pemeliharaan ban mobil. Banyak sekali permasalahan yang harus dihadapi mengenai ban yakni ban aus. Ban yang aus, dapat diatasi dengan spooring mobil. Dengan begitu, perlu kiranya kita mengenal  fungsi pooring mobil.

"Benda bundar" yang satu ini penting sekali perannya, namun kerap kali disepelekan kondisinya. Tidak sedikit pula orang yang tetap mau menggunakan ban lama, meskipun kondisinya sudah nampak tipis. Tindak apatis ini diperkirakan muncul diakibatkan harga ban yang tidak tergolong murah. Terlebih jika harus mengganti ban luar yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ban dalam.

Atas dalih menghemat itulah, tidak jarang pula ditemukan bahwa kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh malasnya pemiliki mobil guna mengganti ban yang sudah tak layak pakai. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Pada dasarnya, kunci utama agar ban mobil dapat bertahan lama yaitu merawatnya dengan baik. Selain bisa membuat ban mobil bertahan lama, kamu juga bisa menghemat pengeluaran, bukan begitu?

Mulai hari ini, hindari untuk melakukan hal-hal berikut ini ya, jika Anda ingin ban mobil tetap dalam kondisi yang baik.

Melintasi Jalan yang Rusak

Saat mobil Anda melintasi jalan yang rusak, sebenarnya beban yang ditanggung oleh ban mobil berubah menjadi lebih meningkat. Terlebih saat mobil melaju di jalanan dengan batu-batuan. Kebiasaan ini akan membuat ban mobil Anda cepat menipis hingga rusak. Apabila Anda tetap terpaksa atau terlanjur melewati jalan seperti itu, hendaknya Anda mengurangi kecepatan berkendara Anda ya. 

Melaju dengan Kecepatan Melebihi Rata-rata

Apabila Anda suka memacu mobil Anda dengan kecepatan tinggi, ingat ya bahwa ban mobil sedang menerima beban yang berlebih. Hal ini dikarenakan munculnya gesekan tinggi antara ban dengan jalan yang memicu terjadinya pengikisan pada lapisan ban bagian luar.

Rem Mendadak

Mengerem mobil saat melaju kencang secara mendadak, ternyata mampu mengikis ban mobil Anda lebih cepat. Demi menghindari hal itu, hendaknya Anda mengendarai mobil dengan kecepatan normal saja, dengan begitu Anda tidak akan mengerem secara mendadak. 

Tidak Rutin Memeriksa Tekanan Angin

Setiap kali Anda ingin melakukan perjalanan, hendaknya Anda pastikan terlebih dahulu tekanan angin pada ban mobil berada di angka standar. Tekanan angin yang di atas standar, dapat membuat bagian tengah ban lebih cepat menipis dan rusak. Sementara itu, apabila tekanan angin yang di bawah standar, diyakini akan menjadikan permukaan ban menjadi tidak merata, panas berlebih pada ban, dan memperburuk handling.

Hi Saudaraku, 
Ban mobil yang terus digunakan tanpa diperhatikan keausannya, dapat mempengaruhi beberapa hal saat berkendara, yakni; setir bergetar dan terasa berat, mobil berbelok sendiri padahal di trek lurus, hilangnya keseimbangan mobil. Beberapa efek ban aus ini dapat menyebabkan kecelakaan lo, apabila dibiarkan begitu saja. Selain itu, ban yang terus digunakan dapat membuat bergesernya ban dari posisi awalnya. 

Demi mengatasi bergesernya posisi ban mobil, maka Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel guna melakukan servis spooring mobil. Fungsi spooring mobil ialah untuk meluruskan kembali posisi ban mobil. Dengan kata lain, spooring ini digunakan untuk mengembalikan posisi ban mobil ke posisi semula atau setting awal ban sesuai standarnya. 

Yuk, perhatikan kembali posisi ban Anda sebelum dan setelah beraktivitas sehari-hari, demi keselamatan Anda beserta keluarga saat berkendara. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar