Begini Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Seperti apa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh para wanita hamil terutama yang baru pertama kali hamil. Karena baru pertama kali hamil maka ada banyak pertanyaan yang sering muncul seputar kehamilan. Salah satunya adalah tentang bagaimana posisi tidur yang tepat dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam kandungan.
Wanita yang sedang dalam kondisi hamil memang seringkali bingung menentukan posisi ternyaman untuk tidur. Miring sana terasa tidak nyaman, miring sini terasa tidak nyaman, terlentang terasa pegal, dan lain sebagainya. Selain itu, wanita hamil juga biasanya bingung menentukan posisi tidur karena takut bayi di dalam kandungan merasa tertekan dan akan berpengaruh para perkembangannya.

Lalu apa yang harus dilakukan? Memang kondisi wanita hamil sangatlah sensitif. Wanita yang sedang hamil harus sangat berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun bahkan ketika beristirahat atau tidur. Kali ini kita akan membahas seperti apa posisi yang tepat bagi ibu hamil ketika ia sedang tidur.

Posisi Tidur Ibu Hamil

Sebenarnya, ibu hamil harus senyaman mungkin melakukan segala aktivitas termasuk ketika akan tidur. Jika sudah merasa tidak nyaman maka posisi apapun akan terasa mengganggu. Ketidaknyamanan inilah yang membuat ibu hamil menjadi stress dan tidak tenang di dalam tidurnya lalu berpengaruh pada kondisi bayi dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa informasi penting yang berhubungan dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil :

1. Jangan Terlentang

Perlu diketahui bahwa ternyata posisi terlentang tidak disarankan untuk ibu hamil. Terutama jika usia kandungan sudah memasuki usia trimester kedua. Pada masa memasuki trimester kedua, perut sudah semakin besar dan berat bayi sudah semakin meningkat. Akan sangat berbahaya jika ibu hamil mengambil posisi tidur terlentang dalam usia kehamilan ini.

Tidur dalam posisi terlentang bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah besar meningkat tajam. Pembuluh darah besar yang dimaksud di sini adalah aorta dan vena cava inferior. Tekanan ini dapat menghalangi peredaran darah di tubuh ibu termasuk di dalam janin menjadi tidak lancar.

2. Disarankan Menyamping ke Kiri

Tidur dengan posisi menyamping ke arah kiri merupakan posisi tidur yang paling baik bagi ibu hamil. Posisi tidur seperti ini bisa membantu membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Sirkulasi darah ke bagian jantung dan ke janin akan berjalan lancar jika ibu hamil tidur dalam posisi menyamping ke kiri. 

Posisi tidur menyamping ke kiri juga membuat lambung anda berada di posisi yang nyaman. Posisi lambung tidak menekan hati yang berada di bagian kanan. Selain itu, posisi tidur seperti ini akan meminimalkan resiko pembengkakan pada bagian kaki dan tangan. 

3. Pakai Bantal

Sebenarnya, ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa tidur dalam posisi apapun tidak masalah asalkan nyaman bagi ibu hamil. Hanya saja jika memang dirasa ragu, anda bisa memilih untuk tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Selain itu, gunakan bantal agar posisi tidur menjadi lebih nyaman. 

Anda bisa menggunakan bantal biasa untuk menyangga atau menahan posisi perut. Selain itu anda juga bisa menggunakan bantal yang memang khusus dipakai untuk ibu hamil. Saat ini ada banyak produk bantal ibu hamil yang bisa anda gunakan.

Itulah tadi beberap informasi seputar posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Pastikan anda benar-benar merasa nyaman selama tidur. Gunakan sprei yang nyaman agar tidur anda bisa lebih berkualitas sehingga tubuh tetap sehat dan janin juga tetap sehat.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar