Aktivitas Harian Bagi Bayi Prematur

Siklus tumbuh kembang anak pada kelahiran prematur biasanya mengalami gangguan, meskipun tidak semua anak dengan kelahiran prematur pertumbuhannya terganggu. Meskipun begitu ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menstimulasi si kecil.
Di https://www.guesehat.com/penderita-kebutaan-akibat-kelahiran-prematur-yang-inspiratif Anda akan menemukan kisah penuh inspirasi mengenai salah satu penderita kebutaan yang diakibatkan oleh kelahiran prematur. Selain itu pada link tersebut dibahas mengenai ROP secara detail.

Bagi Anda yang melahirkan secara prematur tidak perlu khawatir akan pertumbuhan anak, karena ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan agar si kecil menjadi lebih baik lagi:

1. Stimulasi Awal Berupa Menggendong Model Kangguru

Seperti binatang kangguru yang mendekap erat anaknya di dalam kantung, seperti itulah stimulasi awal yang bisa diberikan kepada bayi prematur. Menggendong dengan model kangguru dapat membuat sentuhan kulit antara ibu dan anak menjadi lebih maksimal. 

Ketika digendong seperti ini bayi akan merasakan setiap tarikan napas dan detakannya jantung si ibu. Selain menguatkan ikatan batin di antara keduanya, gendongan ini terbukti ampuh untuk merangsang kenaikan berat badan bayi.

2. Menstimulasi Pendengaran Bayi

Meskipun prematur bayi sangat mengenali suara Anda. Itu sebabnya selalu ajak bayi untuk berbicara, atau dapat pula menceritakan dongeng yang berasal dari buku atau cerita rekaan sendiri. 

Apapun aktivitas yang dilakukan selalu libatkan anak ke dalam percakapan meskipun bayi tidak mengerti apa yang Anda maksud. Dengan selalu mengajaknya berbicara akan memberikan rangsangan pada telinga.

3. Motorik Kasar

Berdasarkan penelitian bayi usia 6 Minggu hingga usia 2 bulan sudah dapat diberikan rangsangan motorik kasar dengan mengajarkan tengkurap. Bahkan pada bayi prematur pun sudah dapat dilakukan. Dengan terus-menerus memberikan rangsangan tersebut, maka saraf motorik kasarnya akan mengalami perkembangan lebih baik lagi.

4. Menyusui

Aktivitas harian satu ini juga bisa memberikan stimulasi yang baik pada indera pengecap, melatih lidahnya agar mampu berbicara dengan baik. Selalu berikan kontak mata ketika dalam proses menyusui, agar anak juga dapat merasakan ikatan yang luar biasa dengan ibunya.

Dengan melakukan berbagai aktivitas yang terlihat sepele namun banyak manfaat ini, kemampuan anak akan semakin berkembang. Berikan apresiasi seperti bertepuk tangan, jika bayi berhasil mengalami perkembangan sebagai bentuk reward dan melatih ia mengenali emosi.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar