Melalui Anak Perusahaannya, Sukanto Tanoto Berkomitmen Lagi Dalam Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

APRIL Group adalah anak perusahaan Sukanto Tanoto, yakni grup Royal Golden Eagle (RGE) yang menjadi salah satu produsen raksasa produk pulp dan paper, menyatakan komitmen sesi yang kedua, untuk hilangkan deforestasi dalam rantai pemasokan mereka, serta menghargai beberapa hak masyarakat dalam konsesinya. Dan ternyata komitmen yang serupa juga dilakukan oleh induk perusahaan Sukanto Tanoto, Royal Golden Eagle sampai berlaku bagi perusahaan pulp dan paper dalam grup ini. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, mari simak pada ulasan di bawah ini.

Melalui Anak Perusahaannya, Sukanto Tanoto Berkomitmen Lagi Dalam Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Di tahun lalu, anak perusahaan Sukanto Tanoto, APRIL Group umumkan kebijakan manajemen hutan yang berkelanjutan dengan komitmen memberhentikan pengambilan serat kayu dari hutan alam dalam tahun 2020 mendatang. APRIL Group bersama para pemasok memang masih banyak dilaporkan menebang di hutan alam serta berkonflik dengan masyarakat setempat, dan kini mereka buat komitmen lagi. 
Melalui kebijakan hutan yang berkelanjutan ini, APRIL Group menyatakan bahwa akan segera menghentikan penebangan pohon di hutan alam. Kayu alam yang sudah dipanennya tersebut akan digunakan dalam pabrik hingga sebelum akhir tahun lalu. Mereka bahkan juga berkomitmen konservasi 1 : 1 di hutan tanaman serta tidak akan ada penebangan baru khususnya di lahan gambut atau pun hutan gambut. 

Kemudian anak perusahaan Royal Golden Eagle ini juga tidak akan membangun pabrik bubur kertas baru hingga berhasil mencapai kemandirian dalam pemenuhan bahan baku. APRIL Group juga tidak akan akuisi lahan baru, atau pun meminta surat izin kementrian lainnya, juga menerima kayu dari pihak ketiga, dimana para penjual diketahui akan membuka lahan dari HCV dan HCS maupun lahan gambut. Presiden APRIL Group yang bernama Praveen Singhavi mengatakan bahwa SFMP 2.0 ini adalah kelanjutan dari komitmen serupa yang sudah dibuat. Komitmen tersebut diberikan untuk menekan deforestasi dari rantai pemasok, hingga menambahkan pengukuran tidak hanya untuk HCV tetapi juga untuk HCS. 

Diharap dengan komitmen tersebut, APRIL Group lakukan konservasi dengan cara melakukan pendekatan bentang alam. Perusahaan Sukanto Tanoto ini akan sediakan lahan konservasi sekitar 480 ribu hektar dari hutan tanaman mereka. Dan sekitar 70 persen lagi sudah selesai dikonservasi. Selain hal tersebut, perusahaan juga akan semakin perkuat pengelolaan lahan gambut dengan cara membangun satuan kerja ahli gambut. 

APRIL Grup Indonesia Operations yang bernama Toni Wenas MD, mengatakan bahwa komitmen yang sudah diumumkan ini pada dasarnya masa depan dari sektor kehutanan di Indonesia. Bagaimana cara seimbangkan konservasi dan juga tanaman serta operasi bagi kepentingan masyarkat, perusahaan, dan juga negara. Dengan adanya komitmen ini maka produksi perusahaan akan alami penurunan, namun mereka tetap melihat adanya kepentingan di masa yang akan datang. 

Selain hal tersebut, dalam komitmen APRIL Group juga menyebutkan bahwa pada saat lahan sedang penilaian HCV dan HCS, maka perusahaan akan memoratorium lahan, akan tetapi tidak pada konsesi – konsesi yang sedang berkonflik dengan masyarakat. Walaupun disadari bahwasannya penyelesaikan pada lahan yang sudah berkonflik ini bukanlah masalah yang mudah, namun pihak APRIL Group akan tetap terus membahas bersama, melihatkan berbagai macam pihak pada tingkatan lokal untuk cari bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari yang bernama Ida Bagus Putera juga mengatakan bahwa, keberlanjutan pasokan bahan baku efisien sekali dalam menentukan keberlangsungan industri, tetapi hutan tidak hanya jadi bahan baku saja, tetapi juga berfungsi ganda, baik itu bagi ekonomi, sosial, lingkungan, maupun politis. Jadi, prinsip yang paling mendasar dalam pengelolaan hutan haruslah memelihara keseimbangan. Industri pulp yang ingin dibangun tentu saja juga harus bertanggung jawab dan berkelanjutan. 
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar