Pilihan Makanan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Penuh Gizi

Pilihan jenis makanan anak 1 tahun harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Sebagai orang tua anda tentu menginginkan anak anda bisa tumbuh dengan sehat tanpa kekurangan suatu apapun. Oleh karena itu, asupan gizi yang diberikan lewat makanan harus sangat diperhatikan dengan seksama.

Memasuki usia 1 tahun, anak akan mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang semakin beragam. Akan sangat disayangkan jika proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terganggu hanya karena asupan gizi yang tidak lengkap.
 
Disamping ASI, anak usia 1 tahun juga membutuhkan asupan makanan yang penuh gizi. Para orang tua harus cerdas dan kreatif membuat menu makanan untuk anak agar anak makan dengan lahap dan kebutuhan gizinya tercukup dengan maksimal.
 

Pilihan Makanan Sehat untuk Anak 1 Tahun

Bahan makanan menjadi fokus tersendiri bagi orang tua yang anaknya sudah memasuki usia 1 tahun. Orang tua harus selektif memilih jenis makanan yang mengandung gizi baik untuk anak.
 
Pada artikel ini kita akan membahas mengenai jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk anak usia 1 tahun. Berikut adalah aneka jenis bahan makanan anak 1 tahun yang menyehatkan dan juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak :

Salmon dan Tuna

Memasuki usia 1 tahun, orang tua perlu memberikan asupan gizi yang bisa membantu perkembangan kecerdasan otak anak. Daging ikan dianggap menjadi pilihan bahan makanan terbaik untuk kecerdasan otak anak. Dua jenis ikan yang sangat disarankan untuk anak usia 1 tahun adalah ikan salmon dan tuna.

Roti Gandum

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, roti gandum juga sangat disarankan dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun. Roti gandum akan menjadi sumber energi terbaik bagi anak yang tinggi serat namun rendah gula. Dengan begitu maka anak bisa beraktivitas dengan energi penuh tanpa khawatir kadar gula menumpuk di dalam tubuh.

Yogurt

Yogurt menjadi sumber protein serta kalsium yang sangat baik untuk anak. Selain itu di dalam yogurt juga terdapat bakteri baik acidophilus yang sangat baik untuk daya tahan tubuh anak. Saat ini yogurt bisa didapatkan dalam berbagai varian rasa yang pastinya akan membuat anak semangat untuk mengonsumsi yogurt.

Blueberry

Buah memang menjadi salah satu bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Salah satu buah terbaik untuk anak usia 1 tahun adalah blueberry. Blueberry memiliki kandungan yang mampu memberikan perlindungan anak dari berbagai serangan alergi dan virus.

Sayuran

Tak perlu disebutkan lebih spesifik, setiap anak biasanya memiliki selera masing-masing soal sayuran. Ada anak yang menyukai brokoli, ada pula yang lebih menyukai wortel. Berikan sayuran yang paling difavoritkan oleh anak. Latih anak gemar memakan sayuran dengan menciptakan variasi menu yang kreatif dan menarik.

Orang tua memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Asupan gizi yang diperoleh anak tentu saja sangat dipengaruhi oleh ketelitian orang tua. Oleh karena itu sebagai orang tua yang baik maka anda harus teliti memberikan makanan pilihan untuk anak.
 
Itulah tadi pilihan jenis bahan makanan anak 1 tahun yang bisa anda coba. Pastikan anda mengiringi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memberikannya gizi seimbang. Selain lewat makanan, anda juga perlu melengkapi kebutuhan gizi anak lewat susu formula yang bergizi lengkap.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar