Cara Cerdas Memilih Susu Pertumbuhan Anak

Memilih produk susu pertumbuhan anak tidak bisa dilakukan main-main. Sebagai orang tua, tentu kita selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Termasuk ketika sudah tiba waktunya bagi anak untuk mendapat asupan tambahan gizi dari susu formula. Tentu kita harus sangat selektif memilih susu formula yang paling tepat diberikan kepada anak.

Seperti kita ketahui bahwa ada banyak sekali produk susu formula yang beredar di pasaran saat ini. Semua produk memiliki kandungan gizi masing-masing dan pada umumnya sama-sama menawarkan asupan gizi seimbang untuk anak. Namun, sebagai orang tua yang cermat, jangan hanya percaya pada apa kata iklan.
 
Sebagai orang tua, anda harus turun tangan sendiri mencari tahu bagaimana kandungan susu formula yang akan diberikan untuk anak tercinta. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menentukan pilihan susu formula yang tepat agar pertumbuhan dan perkembangan anak bisa berjalan dengan normal dan maksimal.
 

Tips Memilih Susu Pertumbuhan untuk Anak

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun maka ibu perlu memberikan asupan gizi tambahan dari susu formula meskipun akan jauh lebih baik jika masih diberikan ASI. Pada usia 1 hingga 3 tahun, anak sedang giat-giatnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga dibutuhkan asupan gizi seimbang dari susu formula untuk membantu memperlancar proses tersebut.
 
Anda mungkin akan merasa bingung memilih susu formula yang paling pas karena ada banyak sekali pilihan yang bisa anda temukan. Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika anda akan memilih produk susu pertumbuhan anak yang terbaik :
 

Sesuaikan Usia Anak

Setiap produk susu yang ada di pasaran biasanya akan dikategorikan jenisnya berdasarkan kisaran usia anak. Kandungan dalam susu tentu sudah diformulasikan agar sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia tertentu. Jadi, pastikan anda memilih susu yang paling sesuai dengan usia anak anda.

Informasi Nilai Gizi

Perhatikan informasi nilai gizi yang terkandung dalam susu. Biasanya pada kemasan sudah tercantum informasi nilai gizi yang terkandung dalam susu. Salah satunya anda bisa melihat kandungan energi dalam susu. Kandungan energi yang disarankan adalah 60-80 kkal untuk 100 ml susu. Angka ini sesuai dengan kandungan energi pada ASI.

Sumber Protein

Setiap produk susu memiliki sumber protein yang berbeda. Anda bisa memastikan sumber protein yang terkandung dalam susu apakah dari susu sapi atau kedelai. Sesuaikan sumber protein ini dengan kondisi anak. Berikan susu dengan protein kedelai jika anak menderita alergi protein dari susu sapi.

Varian Rasa

Saat ini ada banyak jenis susu beredar dengan pilihan rasa yang bervariasi. Anda bisa bebas memilih rasa susu seperti apa yang bisa anda berikan kepada anak. Setiap anak tentu memiliki selera rasa masing-masing jadi pilihlah rasa yang memang paling sesuai dengan selera anak.
 
Jika anda masih merasa kesulitan untuk menentukan susu formula seperti apa yang paling cocok diberikan kepada anak anda, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Konsultasikan kepada mereka yang lebih ahli sehingga anda bisa yakin memberikan susu yang tepat untuk membantu melengkapi gizi anak anda.

Perlu diingat bahwa kehadiran susu formula bukanlah segalanya. Susu pertumbuhan anak ini merupakan pelengkap sehingga anak tetap harus diberikan asupan gizi seimbang dari konsumsi makanan sehari-hari. Jadi, pastikan anda juga menyusun diet yang sehat bagi anak agar pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar