Memaksimalkan Perkembangan Bayi yang Telah Memasuki Periode Golden Age

Bayi yang tumbuh dengan sehat dan ceria adalah kebahagiaan orang tua. Si mungil yang memiliki senyum paling tulus itulah yang saat ini menjadi sumber tawa dan haru bagi Anda sebagai orang tuanya. Menjadi orang tua, membuat Anda harus semakin giat menambah wawasan agar dapat menyaksikan bagaimana proses perkembangan bayi tersebut berlangsung.

Berbicara tentang perkembangan bayi sepertinya tidak jauh-jauh dari pembahasan tentang Golden Age. Ya, Golden Age atau Periode Emas anak ini adalah masa-masa dimana anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jadi sungguh disayangkan apabila Anda tidak memaksimalkan potensi anak pada periode ini.

Jika belum mengetahui bagaimana tips memaksimalkan perkembangan bayi yang telah memasuki periode Golden Age, berikut adalah ulasan yang tepat untuk Anda.

Beri stimulus

Anak akan meniru setiap hal yang Anda lakukan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu bersikap positif ketika di depan anak. Meski anak masih bayi, si kecil dengan hebatnya mampu merekam setiap apa yang dilihat dan didengarnya.

Untuk memaksimalkan periode ini, berikan stimulus yang positf berupa membacakan buku cerita, mengenalkan dengan berbagai benda di sekitar, atau bisa juga dengan mengajaknya bernyanyi. Memang kelihatannya anak cuek-cuek saja, tapi otak si kecil tengah bekerja dan merekam setiap stimulus yang diberikan.

Penuhi gizi anak

ASI ekslusif dianjurkan diberikan pada bayi sejak usia 0 sampai 6 bulan. Sementara itu, ketika anak telah memasuki usia 7 bulan, barulah dikenalkan dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Oleh karena itu pastikan Anda memberikan menu MPASI yang kandungan gizi dan nutrisinya dapat menunjang daya tumbuh kembang anak.

Tidak perlu memaksa anak

Sebagai orang tua kadang Anda tentu berobsesi dengan menargetkan bahwa anak pada usia ini harus bisa melakukan hal-hal tertentu. Namun penting untuk selalu diingat bahwa setiap anak adalah istimewa dan mempunyai fase perkembangan yang berbeda dari anak-anak lainnya. Itu artinya, jangan memaksa anak harus bisa A, B atau C hanya karena teman seusianya sudah mampu melakukan A, B, C, dan seterusnya.

Let it flow dan nikmati setiap proses perkembangan bayi Anda tanpa perlu memaksanya. Berilah kebebasan pada si kecil untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Hindari mengekang anak

Anda tidak suka dikekang kan? Nah sama, buah hati Anda pun demikian. Masa-masa bayi dan kanak-kanak adalah masa bagi anak untuk mengeksplor berbagai hal yang ada di sekitarnya. Jadi tidak perlu mengekang anak yang tengah aktif-aktifnya merangkak, berjalan atau berlari karena hal ini justru menghambat perkembangannya.

Tugas Anda hanyalah mengawasi dan memastikan bahwa apa tidak ada sesuatupun yang berbahaya di sekelilingnya. Lihatlah betapa bahagianya anak ketika Anda biarkan si kecil bereksplorasi sesuai keinginanya.

Ciptakan lingkungan yang positif

Telah disinggung di atas bahwa anak akan meniru apapun yang dilihatnya. Tidak peduli itu baik atau buruk, anak akan tetap menirukannya. Untuk itu Anda harus berupaya menciptakan lingkungan yang positif. 

Bisa dengan membuat ruang khusus bermain untuk anak yang dipenuhi dengan aneka benda lucu yang berwarna-warni atau bisa juga dengan memperdengarkan musik-musik positif untuk anak. Ajaklah seluruh keluarga untuk turut menciptakan lingkungan yang positif supaya anak selalu dikelilingi dengan hal-hal yang baik pula.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan perkembangan bayi yang telah memasuki periode Golden Age. Pastikan Anda tidak melewatkan momen yang terjadi hanya sekali seumur hidup ini ya.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar