Inilah Aturan yang Perlu Diperhatikan Ketika Memberi Susu Formula Bayi


Para orang tua memiliki peran penting dalam memutuskan apakah bayi yang baru lahir akan diberi susu formula bayi atau ASI sepenuhnya. Akan tetapi American Academy of Pediatrics (AAP) dan WHO merekomendasikan kepada orang tua agar bayi diberi ASI selama 6 bulan penuh (ASI ekslusif). Meski begitu kondisi setiap orang tua tidaklah sama satu sama lain, jadi sah – sah saja apabila ada orang tua yang ‘terpaksa’ memberikan susu formula kepada anak mereka yang baru lahir.

Susu kebutuhan bayi memang tidak boleh absen dari daftar makanan bayi, sebab ketika masih baru lahir, susu atau ASI adalah makanan bayi satu – satunya. Tidak dipungkiri bahwa banyak ahli yang menyarankan agar ketika bayi baru lahir diberi ASI ekslusif, tapi ada banyak hal pula yang pada akhirnya mengharuskan orang tua untuk memberikan susu formula bayi sebagai alternatifnya.

Beruntungnya, para produsen susu bayi berusaha membuat kandungan susu formula bayi agar menyerupai kandungan gizi dan nutrisi dalam ASI. Walau tidak mungkin menyamainya, setidaknya susu formula tersebut mempunyai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi.


Aturan yang Perlu Diperhatikan Ketika Memberi Susu Formula Bayi

Berbeda dengan memberi ASI, saat Anda ingin memberikan susu formula pada bayi, maka ada banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Memilih Botol Susu Khusus untuk Bayi

Anda harus cermat dalam memilih botol susu untuk bayi, pilihlah botol susu yang memiliki label BPA – Free. Usahakan botol yang Anda pilih adalah botol berbahan plastik polietilen dan polipropilen sehingga aman untuk bayi. Agar bahan kimia pada botol susu tidak rusak, hindari merebus botol atau menaruh botol pada microwave karena temperatur yang tinggi bisa membuat
bahan kimia terlepas dari botol.

Jaga Kebersihan Botol Susu

Akan sama saja ketika Anda memilih botol susu khusus bayi yang berbahan aman tapi tidak memperhatikan kebersihan botol susu tersebut. Oleh karena itu pastikan Anda juga menjaga kebersihan botol susu. Terlebih susu formula bayi lebih mudah tercemar bakteri dan kuman.

Botol susu maupun tutup botol serta dotnya juga harus dijaga kebersihannya. Caranya mudah, Anda dapat membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun ketika akan atau setelah menggunakan botol susu tersebut. Siapkan sikat khusus botol susu supaya Anda bisa menemukannya dengan mudah saat dibutuhkan.

Cara Membuat Susu Formula untuk Bayi

Sebelum menyiapkan susu untuk bayi, pastikan Anda tidak lupa untuk mencuci tangan ya. Jika tangan sudah steril, Anda bisa melanjutkan dengan mengikuti petunjuk penyajian susu bayi yang ada pada kemasan susu formula. Hindari membuat susu yang terlalu kental atau encer sebab susu jenis ini tidak baik untuk bayi. Solusinya, ikuti petunjuk penyajian dengan tepat, termasuk jumlah takaran susu yang diharuskan.

Cermat Dalam Membeli dan Menyimpan Susu Formula Bayi

Pastinya Anda tidak ingin memberikan susu bayi yang sudah kadaluwarsa bukan? Mengingat susu kebutuhan bayi sangat diperlukan dalam mendukung daya tumbuh kembang bayi, maka berhati – hatilah saat membelinya. Jangan lupa memeriksa tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsanya. Perhatikan juga bahwa susu formula yang akan dibeli masih dikemas dengan baik dan rapi. Jangan membeli susu bayi yang kemasannya sudah rusak ya.

Sedangkan untuk penyimpanannya, disarankan untuk menyimpan susu bayi di tempat yang sejuk. Bukan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Pastikan pula untuk senantiasa menutup kemasan susu dengan rapat usai membukanya.

Demikian tadi beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam memberikan susu formula pada bayi. Meski ada susu formula bayi yang bisa dijadikan alternatif makanan untuk bayi, selalu usahakan untuk tetap memberikan ASI ya. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya Anda dapat konsultasi dengan dokter.

Semoga informASI di atas bermanfaat ya.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar