Cara Terbaik Merawat Motor Matic

Memiliki motor adalah hal yang sudah umum, karena memang sudah menjadi kebutuhan pokok. Untuk bepergian, sudah tidak perlu menggunakan kendaraan umum dengan berjejalan di dalamnya, atau mengantri membeli tiket atau mengantri di pinggir jalan atau di halte. Dengan menggunakan motor pun kita sudah bisa pergi ke manapun kita mau. Yang penting adalah kondisi oli motor yang selalu di jaga. 

Sebagai pengguna serta pemilik, sudah menjadi tugas utama kita untuk merawat sepeda motor yang kita miliki. Sudah sepantasnya kita merawatnya dan memang wajib merawatnya karena sewaktu-waktu motor lah yang mengerti kondisi kita yang harus pergi ke suatu tempat. Motor selalu stand by untuk mengantarkan kita.

Mengingat fungsi besar dari motor, maka kita harus merawatnya dengan baik, entah motor yang kita miliki adalah motor biasa atau motor bebek atau pun motor matic. Semuanya sama, perlakuan yang benar dalam perawatan harus dilakukan. Apalagi untuk motor matic yang memang memerlukan perawatan khusus. Mulai dari penggunaan oli motornya, suku cadangnya, dan mekanik ahlinya. Ditambah lagi sekarang motor matic pun sudah berteknologi injeksi. 

Berikut adalah cara terbaik untuk merawat motor matic agar awet maksimal penggunaannya :

Selalu panasi mesin sebelum dipakai
Memiliki kendaraan apa pun, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah memanaskan motor sebelum dipakai. Biasanya hal ini dilakukan di pagi hari sebelum digunakan. Jika tidak dipanaskan mesinnya terlebih dahulu, maka mesin akan mudah mati ketika di tengah perjalanan. Ini dikarenakan mesin belum siap untuk digunakan atau mesin motor matic belum panas. Jika dilakukan terus menerus, maka akan membuat motor matic cepat rusak.

Pakai busi motor asli untuk motor matic
Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa semua yang berhubungan dengan motor matic, maka oli dan suku cadangnya pun harus asli untuk motor matic. Jangan sampai menggunakan yang KW, ini justru akan membuat motor tidak maksimal dikendarai. Begitupun dengan businya. Pakai busi yang ada kode produksinya, seperti NGK atau Denso. 

Teratur melakukan penggantian oli motor matic
Oli motor matic pun diproduksi khusus untuk motor matic. Seperti oli Federal Matic, contohnya. Oli ini sangat direkomendasikan sebagai oli motor matic yang terbaik, karena 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. Oli ini membuat mesin menjadi lebih maksimal karena memiliki resolusi pendinginan mesin yang sangat maksimal. 

Selain itu, tarikan motor pun akan lebih mulus dan minyak oli tidak akan cepat habis, serta hemat bahan bakar. Jangan lupa juga kita harus rutin mengganti v-belt setelah angkanya menunjukkan 18.000 – 20.000 km.  Ini bertujuan untuk meringankan tarikan motor agar lebih nyaman dikendarai. 

Selalu control kondisi accu
Tahukah kamu, bahwa accu inilah yang akan memberikan performa pada energ listrik motor matic, mulai dari lampu, klakson, starter otomatis, dan sebagainya. Ganti accu dengan teratur, jangan sampai kehabisan, maka akan menyebabkan motor matic menjadi kurang maksimal dikendarai. 

Banyak cara terbaik untuk merawat motor matic agar selalu tampil maksimal. Yang terpenting adalah motor menggunakan oli motor terbaik. Jangan sampai lupa menggantinya dengan teratur. Pilih Federal Matic sebagai oli motor matic andalan. Bebeapa cara merawat motor matic di atas sangat penting untuk diperhatikan agar motor matic kesayangan kamu senantiasa awet dan memiliki kinerja yang baik.

Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar