Traveling Yang Menyenangkan Plus Menuai Ibadah

Ibadah merupakan suatu aktivitas yang menyeluruh baik berupa perkataan maupun perbuatan yang dicintai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Seseorang yang beragama Islam, sudah tentu mengenal betul dengan kata ibadah. Hal ini mengingat bahwa dalam pandangan Islam, manusia diciptakan ke dunia untuk menyembah kepada Allah, dengan kata lain, hanya beribadah kepadanya.

Berdasarkan hal itulah, manusia dituntut untuk melakukan berbagai ibadah, baik berupa perkataan seperti zikir atau mengingat Allah, atau perbuatan seperti menunaikan shalat wajib. Tanpa melaksanakan ibadah, manusia tentunya tidak akan mampu mendekatkan dirinya kepada Allah, mengingat di dalam ibadah itu terkandung imbalan bagi para pelakunya yakni pahala yang siap dilimpahkan kepada mereka yang mau beribadah kepada-Nya.

Menjalani hidup di dunia, manusia tidak hanya untuk beribadah, namun juga diperkenankan untuk menyusuri setiap sudut dunia, artinya manusia juga diperintahkan untuk mencari segala kenikmatan yang telah disediakan. 

Hal ini didasari pada suatu ayat dalam al-Qur’an yang menyebutkan bahwa jika manusia telah melaksanakan shalat maka menyebarlah di dunia. Dengan ini dapat dimaknai bahwa ketika kita telah menunaikan kewajiban, kita boleh melakukan apapun, tentu tetap dalam koridor maupun batasan agama itu sendiri.

Salah satu hal yang diperbolehkan adalah melakukan perjalanan atau berwisata ke suatu tempat. Aktivitas ini diperbolehkan selama tidak ke arah kemaksiatan. Nah, agar kita dapat terhindar dari kemaksiatan yang dapat merusak jiwa kita, maka hendaknya kita bepergian ke destinasi yang didalamnya memuat nilai-nilai islami, yang mampu menginternalisasikan nilai keimanan dan keyakinan kita kepada Yang Maha Kuasa.

Jika hal ini yang Anda inginkan, maka Anda pun boleh berkunjung ke Makkah guna melaksanakan ibadah umrah bahkan haji. Terlebih, sebentar lagi bulan puasa akan menghampiri kita, tentu di dalam bulan tersebut segala bentuk ibadah kita akan dinilai dan dilipat gandakan pahalanya. Maka momen ini semestinya dapat dimanfaatkan oleh kita bersama. Dengan begini, aktivitas jalan-jalan kita akan bernilai baik dihadapan Sang Rabb, karena banyak hal kebaikan yang mampu kita lakukan saat melaksanakan ibadah umrah maupun haji.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar