Tips Agar Anak Kuat Berpuasa Satu Bulan Penuh

Sudah tinggal menghitung hari saja, bulan ramadhan yang dikenal sebagai bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan akan datang menghampiri dunia ini. Puasa sebagaimana pada umumnya merupakan suatu aktivitas menahan diri dari kebiasaan makan maupun minum, serta nafsu-nafsu yang dapat merusak nilai ibadah puasa, dimulai sejak terbitnya fajar yang ditandai dengan kumandang azan subuh, hingga terbenamnya matahari yang biasa ditandai dengan terdengarnya lantunan azan maghrib.

Bagi setiap muslim, tentu saja hal ini yakni ibadah puasa merupakan suatu kewajiban yang mesti dipenuhi bagu mereka yang telah berakal, yakni mereka yang telah merasakan bagaimana rasanya mimpi basah, baik laki-laki dan perempuan. Sedangkan bagi mereka yang belum baligh, seperti anak TK dan SD maka orangtua tetap harus mengajarkan kepada mereka bagaimana berpuasa yang benar, agar ketika telah beranjak dewasa, mereka sudah terbiasa untuk berpuasa.

Nah, pada bagian mendidik anak untuk terbiasa berpuasa memang menjadi kesulitan tersendiri bagi orangtua. Hal ini mengingat karena tidak setiap anak mau mengikuti perintah orangtuanya. Maka, jika hal ini yang ingin Anda terapkan sebagai orangtua kepada anak Anda, perlu Anda boleh mengikuti tips oke ini, sebagai berikut:

Jadilah teladan bagi anak Anda
Anak dikenal sebagai orang yang paling baik meng-copas segala aktivitas orang terdekatnya, lebih-lebih terhadap orangtuanya. Dengan demikian, setiap gerak-gerik Anda seperti apapun akan ingin dicoba oleh anak Anda. Sehingga agar anak Anda ingin kuat berpuasa satu hari penuh, maka hendaknya Anda memberikan contoh yang baik untuknya.

Berikanlah dia motivasi untuk terus belajar
Belajar memang tidak kenal waktu dan tempat, begitu pula bagi seorang anak. Bagi seorang anak, apapun yang dialaminya dia tidak akan mampu memahami apa yang terjadi secara utuh, sehingga Anda sebagai orangtua hendaknya memberikan pemahaman yang dapat memicunya untuk melakukan sesuatu, termasuk juga untuk berpuasa.

Tumpahkanlah perhatian Anda kepadanya dan awasilah gerak-geriknya
Seorang anak biasa dikenal sebagai sesosok yang ingin selalu diperhatikan atas apa yang dia perbuat. Melalui sebuah perhatian, seorang anak akan merasa senang dan akan terus mencoba terus melakukan kegiatan agar mendapat pujian. 

Jika hal ini yang sedang melanda anak Anda, maka tak salah untu memberikan perhatian Anda kepadanya sebagai tanda menghargai perbuatannya. Dengan begini, dia akan merasa senang dengan keberadaan Anda, dan dia pun tidak segan untuk mengikuti atas apa yang Anda perintah, termasuk pula untuk berpuasa.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar