Bagaimana Caranya Tetap Eksis Seperti Biasa Walaupun Sedang Berpuasa

Bulan puasa insya Allah akan datang pada tanggal 26 Mei (berdasarkan kalender), itu artinya hanya dalam beberapa minggu lagi, seluruh muslim akan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Tentu datangnya bulan ini akan menjadi kabar yang menggemberikan bagi kaum muslimin. Hal ini sangat mungkin terjadi karena bulan suci ramadhan merupakan bulan yang dipenuhi dengan berkah dan maghfirah, selain itu juga, segala perbuatan akan dilipat gandakan pahalanya jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, seperti hari ini.

Untuk menyongsong hari yang mulia tersebut, maka tak salah membuat kaum muslimin bergerak dirinya untuk melakukan segala persiapan, termasuk pula didalamnya bagaimana caranya agar tetap bekerja secara maksimal walaupun sedang melaksanakan puasa. 

Mengapa hal ini perlu dipersiapkan, karena memang sebagaimana pada umumnya ketika seseorang berpuasa itu tidak diperkenankan untuk makan dan minum, yang artinya asupan makanan dan minuman akan berkurang, maka jika ini tejadi, seseorang dapat kekurangan nutrisi yang pada akhirnya membuatnya nampak lesu saat menjalani puasa.

Untuk mencegah hal di atas, maka perlu dilakukan beberapa persiapan agar Anda tetap bekerja secara prima, seperti tips oke dibawah ini:

Meniatkan setiap hak yang dikerjakan merupakan ibadah
Ibadah pada dasarnya merupakan perbuatan baik yang mampu memberikan pelakunya pahala sebagai imbalannya. Jika segala kegiatan yang dilakukan diniatkan atas ibadah, artinya seseorang bekerja agar memperoleh pahala dari Tuhan Yang Maha Esa guna mendekatkan diri kepada-Nya, tentu akan menjadi motivasi tinggi bagi pelakunya. Dengan demikian, seperti apapun kegiatan yang dilakukan, jika didasari untuk ibadah, maka akan terasa mudah dijalani, sekalipun sedang dalam kondisi berpuasa.

Menggunakan tenaga sesuai dengan kebutuhan
Memanfaatkan tenaga yang ada merupakan hal yang bijak untuk menjaga diri agar tetap prima bekerja. Bijak dalam menggunakan tenaga, tentu dapat membantu Anda terus menerus melakukan kegiatan.

Memanfaatkan waktu luang yang tersedia
Waktu luang dalam hari aktif bekerja memang tidaklah banyak, namun dengannya pulalah, seseorang dapat mengembalikan tenaga yang telah digunakan. Waktu luang boleh dimanfaatkan untuk beribadah seperti shalat, zikir maupun mengaji.
Kastolani
Kastolani

Hai, Perkenalkan saya Ikas, seorang Mahasiswa plus blogger yang ingin selalu berbagi kebermanfaatan melalui postingan, so jangan lewatkan setiap postingan saya ya, thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar